Senin, 01 Januari 2018

4 Hal yang Sering Menjadi Kendala Saat Merintis Bisnis Kuliner

Jika berbicara mengenai bisnis dalam bidang kuliner atau makanan memang tidak pernah ada habisnya. Bahkan dapat dikatakan setiap harinya ada saja jenis makanan baru yang muncul untuk memberikan solusi selera masyarakat yang berbeda-beda. Mulai dari makanan tradisional sampai dengan makanan khas beberapa negara telah tersuguh di Indonesia. Tidak heran jika salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada matinya adalah bisnis kuliner. Entah itu akan digeluti sebagai pebisnis pemula ataupun professional akan memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan jika di manajemen dengan tepat.


Tetapi semudah apapun bentuk bisnis yang akan Anda jalankan tidak akan berjalan baik jika tidak dilakukan penyusunan strategi yang tepat. Banyak kendala yang menjadi hambatan untuk jalan kedepannya, hal itu tentunya tidak diketahui oleh pelaku bisnis tanpa adanya analisa. Nah, berikut ini ada bocoran mengenai apa saja yang sering menjadi kendala untuk para pengusaha makan yaitu:

  • Jaminan kualitas produk.
Jika berbicara mengenai kualitas dari produk, setiap orang akan lebih fokus pada rasa yang dihasilkan. Padahal seperti yang diketahui banyak faktor lainnya selain itu, misalnya dari kebersihan, bahan baku yang digunakan, dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini jika tidak diperhatikan akan menimbulkan suatu masalah yang besar mengenai kepuasan pelanggan. Sangat sulit memang menjaga kualitas produk tetap konsisten selalu baik, tetapi hal itu yang diinginkan oleh konsumen.

  • Kepercayaan konsumen.
Dan hambatan besar yang kedua itu datang dari konsumen sendiri, jika satu saja orang merasa tidak percaya akan produk Anda bisa saja itu menjadi pesaing yang besar. Karena konsumen itu menang dengan perkataan, jadi mereka akan mengatakan keburukan produk Anda kepada orang lain yang akhirnya berdampak buruk. Sulit memang menjaga kepercayaan dari konsumen, Anda bisa memulai dari memberikan segala bentuk pelayanan yang terbaik.

  • Pengelolaan manajemen.
Yang sering menjadi kendala selanjutnya adalah dari pengelolaan manajemen operasional yang kurang tepat. Misalnya operasional, sumber daya manusia, bahan baku dan masalah lainnya yang kurang dipersiapkan. Makanya penyusunan strategi yang baik merupakan kunci kesuksesan usaha makanan ataupun bisnis lainnya.

  • Persaingan.
Sebenarnya jika berbicara mengenai persaingan ini sangat kompleks, Anda harus membedakan terlebih dahulu mana yang disebut sebagai pesaing dan sebagai partner atau relasi kerja. Untuk bidang makanan yang berpotensi menjadi pesaing salah satunya seperti dikatakan yaitu konsumen.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menghambat perjalanan bisnis makanan Anda kedepannya. Tetapi jika dari awal sudah dilakukan perencanaan dengan baik, pengaturan strategi yang tepat pasti akan lebih mudah untuk menghadapi segala kemungkinan kendala tersebut. Jadi dapat dikatakan sukses atau tidaknya sebuah bisnis itu kembali lagi pada penyusunan strategi dari pemilik.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner